Resume Jenis-Jenis Jaringan Komputer


Tugas mandiri

• Buat resume untuk jenis-jenis jaringan komputer dan upload ke dalam blog mahasiswa:
 – PAN
 – LAN
 – WAN
 – MAN 
• Resume dan Alamat blog dikirim ke email dosen

Answer: 

1. PAN (Personal Area Network)



PAN (Personal Area Network) adalah jaringan komputer yang digunakan untuk tramisi data antara perangkat pribadi seperti komputer, tablet, smartphone, personal digit assistant (PDA), konsol video game, perangkat peripheral dan perangkat hiburan pribadi lainnya.
PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi sendiri (komunikasi interpersonal), atau untuk menghubungkan perangkat ke jaringan dengan tingkat yang lebih besar dan internet (uplink) dimana salah satu perangkat "master" mengambil peran sebagai router internet.


2. LAN (Local Area Network)


LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang biasanya digunakan didalam sebuah gedung perkantoran, pabrik, perusahaan, dan kampus yang jaraknya tidak terlalu jauh dan dibatasi tidak lebih dari beberapa ratus meter.
Pada umumnya menggunakan media tramisi berupa kabel (UTP, kabel koaksial, ataupun serat optik). Namun ada juga yang tidak menggunakan kabel dan disebut sebagai Wireless  LAN (WLAN). Kecepatan LAN berkisar dari 10 Mbps sampai 1 Gbps.


3. WAN (Wide Area Network)


WAN (Wide Area Network) adalah jaringan komputer atau jaringan telekomunikasi yang membentang diatas jarak geografis yang sangat luas, seperti seluruh Negara atau seluruh dunia. Jaringan komputer jenis WAN biasanya terdiri dari beberapa jenis jaringan yang lebih kecil, seperti LAN atau MAN.


4. MAN (Metropolitan Area Network)



Pada dasarnya MAN (Metropolitan Area Network) merupakan LAN yang berukuran lebih besar. MAN digunakan untuk menghubungkan beberapa buah jaringan kecil ke dalam jaringan lebih besar.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »